Multinet Aircom

Perintis Jaringan Internet Pedesaan

Mengenal Beberapa Program Sertifikasi Untuk Network Engineer

Saat ini, jaringan komputer sangat dibutuhkan keberadaannya dalam segala bidang;  diantaranya dunia usaha, perkantoran, dunia pendidikan, pertahanan-keamanan, dan hampie semua bidang membutuhkan. Bukan hanya sebagai “opsi”, tetapi saat ini lebih merupakan “kebutuhan pokok”.

Terkaiy dengan keberadaan jaringan komputer, maka harus ada orang yang menguasai secara teknis bidang network enginering. Bukan hanya sekedar bisa, tetapi memang harus terukur dan memiliki bukti fisik tertulis berupa sertifikat network engineer.

Di Indonesia dan banyak negara lain di seluruh dunia saat ini telah banyak terdapat program kursus/sertifikasi dibidang network engineer ini, diantaranya MTCNA dan CCNA.

  1. MTCNA

MTCNA (MikroTik Certified Network Associate) adalah salah satu  kelas dasar (basic) pada Program Sertifikasi dari MikroTik. MikroTik adalah produsen perangkat jaringan dengan menggunakan sistem operasi yang dikenal dengan nama RouterOS. Selain itu MikroTik juga menawarkan program sertifikasi yang ditujukan kepada engineer jaringan dalam mengelola jaringan dengan menggunakan perangkat dari MikroTik. Dalam dunia IT sertifikasi sangat penting karena merupakan salah satu program yang dilakukan secara terstruktur dan dapat menjadi salah satu  tolok ukur tingkat kompetensi bagi pemegang sertifikat tersebut paa tingkatan kompetensi tertentu sesuai dengan sertifikat yang dimilikinya.

Program sertifikasi yang ditawarkan oleh MikroTik adalah sebagai berikut:

  • MTCNA – MikroTik Certified Network Associate
  • MTCRE – MikroTik Certified Routing Engineer
  • MTCWE – MikroTik Certified Wireless Engineer
  • MTCTCE – MikroTik Certified Traffic Control Engineer
  • MTCUME – MikroTik Certified User Management Engineer
  • MTCIPv6E – MikroTik Certified IPv6 Engineer
  • MTCINE – MikroTik Certified Inter-networking Engineer
  • MTCSE – MikroTik Certified Security Engineer
  • MTCASE – MikroTik Certified Advanced Security Engineer

Secara umum dari semua program sertifikasi MikroTik di atas dibagai menjadi 3 level yaitu:

  1. Level Basic: MTCNA
  2. Level Advanced: MTCRE, MTCWE, MTCTCE, MTCUME, MTCIPv6E, MTCSE
  3. Level Expert: MTCINE, MTCSA

Untuk dapat mengikuti sertifikasi pada level Advanced atau Expert, peserta harus sudah mengambil sertifikasi level Basic (MTCNA) terlebih dahulu.

Sertifikasi MTCNA dapat dilakukan di MikroTik Training Centers (MTC) yang banyak terdapat di kota-kota besar dengan biaya tertentu, atau dapat juga dilakasanakan di Mikrotik Academy (MA) yang ada di sekolah atau perguruan tinggi yang telah resmi menjadi MikroTik Academy. Program sertifikasi MTCNA di MikroTik Academy hanya dapat mengadakan pelatihan dan ujian sertifikasi kepada siswa yang ada di sekolah/perguruan tinggi itu sendiri. Sedangkan untuk sertifikasi level Advanced dan Expert hanya dapat dilakukan oleh MikroTik Training Centers.

Sumber :

https://mikrotikacademy.sttar.ac.id/mengenal-program-sertifikasi-dari-mikrotik//

2. CCNA

CCNA (Cisco Certification Network Associate) adalah sertifikasi resmi yang dikeluarkan oleh Cisco System, sebuah perusahaan besar di bidang IT terkhusus jaringan komputer yang telah diakui secara global oleh dunia internasional. Bahkan Cisco juga menjadi standar untuk produk jaringan komputer perusahaan-perusahaan di dunia.

Hal tersebut menjadikan CCNA mendapat nilai khusus di mata perusahaan dalam negeri maupun internasional. Program sertifikasi yang sudah dimulai sejak tahun 1998 ini merupakan sertifikasi tingkat pertengahan, di mana mereka yang punya sertifikatnya dianggap sudah mampu mengoperasikan jaringan komputer di skala menengah ke atas.

CCNA ini sebenarnya dibagi menjadi beberapa sertifikasi dalam bidang-bidang khusus, yaitu CCNA Cloud, CCNA Collaboration, CCNA CyberOps, CCNA Data Center, CCDA, CCNA Industrial, CCNA Routing and Switching, CCNA Security, CCNA SP dan CCNA Wireless. Namun, yang lebih populer adalah CCNA Routing and Switching yang biasa disebut sebagai CCNA R&S.

Keuntungan Memiliki Sertifikasi CCNA

Banyak sekali lembaga pelatihan Cisco yang mengkhususkan pada CCNA R&S, termasuk lembaga kursus CCNA Course-Net Indonesia. Di mana para peserta training akan diajari mulai dari dasar-dasar jaringan komputer, switching, routing sampai teknologi WAN. Namun, mengapa harus CCNA R&S yang lebih diunggulkan? Karena ada banyak keuntungan yang didapatkan dari pelatihan routing and switching.

Pertama, karena switching dan routing adalah dasar atau pondasi dari jaringan komputer yang akan Anda utak-atik nantinya. Berbicara mengenai jaringan komputer sudah jelas tidak jauh dari pemilihan lalu lintas jaringan(routing) hingga proses untuk menerima data dan bagaimana cara mengirimnya lewat lalu lintas itu tadi(switching).

Selain itu, Anda yang bersertifikasi CCNA RS juga bisa melanjutkan untuk ke tahap selanjutnya, seperti mengambil ujian untuk CCNA Security, CCDA untuk desain dan CCNA Wireless.

 Tempat untuk Kursus CCNA

Tempat kursus tersebr di berbagai kota di Indonesia, salah satunya di Course-Net Jakarta. Bagi para network engineer dan Anda yang ingin bergelut di bidang jaringan komputer, untuk mengikuti Cisco Training. Selain meningkatkan kualitas Anda sebagai engineer network, Anda juga bisa meningkatkan standar gaji ketika berada di sebuah perusahaan. Sertifikat CCNA ini bersifat internasional, sehingga sudah pasti bisa digunakan untuk mengajukan diri ke perusahan-perusahaan internasional pula.

Sumber :

https://www.course-net.com/mengenal-lebih-dekat-ccna/

 

 

Comments are Closed